Cari Blog Ini

Sabtu, 05 Desember 2015

Rendahnya Kasus Diabetes Baru pada Pasien Pre-diabetes dengan Insulin



Studi ORIGINALE yang merupakan follow up jangka panjang dari studi Outcome Reduction with an Initial Glargine Intervention (ORIGIN) mengevaluasi efek insulin glargine pada risiko kardiovaskuler pasien DM tipe 2. Hasilnya pada studi ini adalah pemberian insulin glargine yang akan membuat plasma glukosa puasa normal selama lebih dari 6 tahun akan memperbaiki status metabolik jangka panjang dan memiliki efek netralisasi pada keluaran klinis kesehatan secara umum. ORIGINALE mengevaluasi keluaran primer dan sekunder utama seperti infark miokardium nonfatal dan stroke, kematian, serta beberapa pengukuran kesehatan lainnya.

Dalam pertemuan the European Association for the Study of Diabetes (EASD) 2014 yang mendiskusikan mengenai hasil dari uji klinik ORIGINALE, peneliti utama Hertzel Gerstein, MD, Population Health Institute chair di Diabetes Research di Universitas McMaster, Hamilton, Ontario, mengatakan bahwa selama uji klinik ORIGIN berlangsung, terapi insulin mengurangi munculnya insidens diabetes baru pada pasien yang tidak menderita diabetes di awal uji klinik dilakukan.

Pada ORIGINALE ini ditemukan bahwa pasien mencapai indeks glikemik yang konsisten. Pemberian insulin dapat mengurangi munculnya diabetes baru, bahkan setelah terapi selesai diberikan atau dihentikan. Sebagai catatan, lebih sedikit kasus diabetes baru ditemukan pada orang yang sebelumnya menderita pre-diabetes yang telah diberikan terapi insulin sebelumnya jika dibandingkan dengan terapi standar pada studi follow up ini.

Diperkirakan selama ini bahwa fungsi pankreas yang sudah rusak atau terganggu tidak dapat dikembalikan. Namun, oleh peneliti dikatakan mungkin hal tersebut kurang tepat, karena diharapkan dengan menurunkan glukosa darah secara intensif dapat mengembalikan beberapa fungsi endokrin pankreas. Sebaiknya studi ini dapat dikonfirmasi dengan studi selanjutnya di masa yang akan datang. (PMD)

Image : Ilustrasi
Referensi:



download

0 komentar:

Posting Komentar

YANG INGIN BERTANYA, HARAP HUBUNGI LEWAT Fans page facebook... terimakasih (^_^)

 
Design by Blogger Indonesia | Bloggerized by Milik Bersama