Cari Blog Ini

Sabtu, 05 Desember 2015

Efek Guarana dalam Menurunkan Berat Badan



Guarana merupakan tanaman dataran tinggi dari spesies Sapinadaceae yang tumbuh di daerah Amazon, Brazil. Biji Guarana mengandung 2 kali lipat lebih banyak kafein dibandingkan dengan biji kopi. Guarana dapat digunakan sebagai suplemen, yang mempunyai sifat dasar stimulant. Biji Guarana merupakan sumber utama kafein di Amerika Selatan. Kandungan kafein di dalam Guarana biasa disebut dengan guaranine, theine, dan mateine. Penduduk Amerika Selatan biasanya mencuci dan mengeringkan biji Guarana sebelum ditumbuk sampai menjadi bubuk untuk membuat teh. Di samping kafein, Guarana juga mengandung alkaloid xantin yang lain, seperti theophyline dan theobromine. Kandungan lain dari Guarana adalah tannin dan fenol seperti katekin dan epikatekin.

Penelitian pada manusia, Guarana dapat menurunkan sel lemak dan efeknya positif dalam penurunan berat badan. Kandungan kafein di dalam Guarana terutama berpengaruh pada berat badan. Namun demikian, alkaloid xantin yang lain (khususnya theobromine) juga berpengaruh pada penurunan berat badan. Kafein dan theobromine merupakan stimulant pada susunan saraf pusat. Keduanya dapat meningkatkan denyut jantung dan metabolic rate. Selain itu, juga dapat menstimulasi pelepasan epinefrin dan norepinefrin di mana dapat mengatur aktivitas otot. Mekanisme ini yang memicu terjadinya pembakaran simpanan lemak di dalam tubuh. Efek thermogenic dari Guarana dapat dengan cepat menurunkan berat badan. Kafein dan theobromine juga dapat sebagai diuretik, yaitu dengan merangsang pengeluaran air melalui tubulus ginjal dengan mencegah terjadinya reabsorpsi dan memicu eliminasi. Baru-baru ini, thebromine yang terkandung di dalam Guarana juga dapat menekan nafsu makan. Selain itu, konsumsi Guarana dapat menurunkan asupan kalori yang berlebihan.

Ada 2 penelitian yang menilai efek pemberian Guarana pada penurunan berat badan. Penelitian pertama tahun 2001, dalam the Journal of Human Nutrition and Dietetics. Subjek adalah pasien sehat dengan kelebihan berat badan yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ada yang mendapatkan kapsul yang mengandung Guarana atau plasebo. Berat badan pasien sebelum dan sesudah penelitian diukur. Waktu intervensi selama 45 hari dan dimonitor sampai 12 bulan untuk menilai efek sampingnya. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang diberi kapsul yang mengandung Guarana secara bermakna mengalami penurunan berat badan. Selain itu, juga terjadi perlambatan pengosongan lambung pada subjek yang diberi kapsul Guarana dibandingkan dengan plasebo.

Penelitian berikutnya yang juga dipublikasikan tahun 2001 oleh the International Journal of Obesity-Related Medical Disorders, yang mengombinasikan Gurana dengan preparat lainnya, yaitu efedrin 6-8%. Pada penelitian ini, subjek sebanyak 67 pasien sehat dengan kelebihan berat badan (IMT ≥29 dan ≤35 kg/m2) yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok plasebo (n=32) dan kelompok yang diberi kombinasi Guarana 240 mg dan efedrin 72 mg (n=35) selama 8 minggu.  Hanya 24 subjek tiap kelompok yang dapat menyelesaikan penelitian. Hasilnya pada kelompok yang diberi kombinasi Guarana dan efedrin mengalami penurunan berat badan (X+/-s.d.,-4,0+/-3,4 kg; P<0,0006) dan lemak (-2,1+/-3,0%) dibandingkan dengan plasebo (-0,8+/-2,4 kg dan 0,2+/-2,3% lemak). Selain itu, pada kelompok yang diberi kombinasi Guarana dengan efedrin juga mengalami penurunan lingkar panggul dan kadar trigliserida.

Kesimpulan: Guarana merupakan tanaman dataran tinggi dari spesies Sapinadaceae yang tumbuh di daerah Amazon, Brazil. Guarana mengandung kafein 2 kali lebih besar dibandingkan dengan kopi. Selain kafein, Guarana juga mengandung alkaloid xantin yaitu theophyline dan theobromine. Guarana mempunyai sifat stimulant dan mempunyai efek thermogenic, diuretik, serta penekan nafsu makan. Berdasarkan penelitian, Guarana dapat menurunkan berat badan baik dalam bentuk tunggal ataupun kombinasi. (LAI)

Image : Ilustrasi

Referensi:

download

0 komentar:

Posting Komentar

YANG INGIN BERTANYA, HARAP HUBUNGI LEWAT Fans page facebook... terimakasih (^_^)

 
Design by Blogger Indonesia | Bloggerized by Milik Bersama