Cari Blog Ini

Jumat, 09 Februari 2018

Minum Obat Diabetes Millitus

Diabetes Millitus


"Saya hampir mati rasanya, habis minum obat gula lemes mau siup...!", kata seorang pasien...

Gara-garanya si pasien minum obat Glibenclamide di pagi hari tanpa disertai sarapan. Padahal intruksinya obat harus diminum sesaat (kira-kira 5 - 10 menit) sebelum makan pagi. Dikiranya walau pagi tidak makan / sarapan obatnya tetap diminum.

Kejadian "hampir mati" setelah minum obat diabetes bukan sekali dua kali kami temui, maka penting untuk kita ketahui beberapa informasi berikut...

1. Obat diabetes secara umum dan mudahnya kita bagi dalam 2 kelompok besar...

PERTAMA kelompok perangsang produksi insulin, dan

KEDUA kelompok pengoptimal kerja insulin

2. Kelompok PERTAMA perangsang produksi insulin, kerjanya dengan merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin lebih banyak.

Insulin yang tinggi menyebabkan gula darah bisa dengan mudah 'terserap' oleh sel tubuh, akibatnya kadar gula darah turun.

Contoh obatnya : Glimepiride, Glibenclamid, Gliquidone, Gliclazide, dsb biasanya berawalan Gli...(golongan sulfonylurea)

3. Kelompok PERTAMA memiliki efek cepat menurunkan kadar gula darah, maka efek sampingnya jelas "Gula darah drop" alias hypoglycemia.

Cirinya pusing, keringat dingin, badan bergetar, mata berkunang2 dan pingsan.

Jika timbul gejala ini SEGERA MAKAN DAN MINUM YANG MANIS. Karena jika dibiarkan bisa pingsan sampai koma masuk ICU.

Yang paling sering bikin hypoglycemia adalah Glibenclamide (makanya di AS, UK dan Aussie sudah kurang recomended lagi), paling jarang bikin hypoglycemia Gliclazide (karena durasi kerja paling pendek), dan yang paling sering digunakan saat ini adalah Glimepiride (durasi kerja panjang tapi lebih aman dari Glibenclamide).

4. Kelompok PERTAMA ini harus diminum sesaat (5-10 menit) sebelum makan atau sarapan pagi yang tinggi karbohidrat (bukan makan makanan ringan apalagi cuma air putih).

Jika pagi tidak makan atau sarapan TIDAK BOLEH MINUM OBAT INI, tunda sampai waktu makan tiba, misalnya anda makan jam 11 maka diminum 5 menit sebelum jam 11, atau jika langsung makan siang TANPA SARAPAN maka obat diminum 5 menit sebelum makan siang.

JIKA PUASA maka minumnya ditunda sampai waktu berbuka puasa, 5 menit sebelum makan besar.

5. Kelompok KEDUA, pengoptimal kerja insulin. Obat ini tidak membuat drop kadar gula darah, jarang sekali menimbulkan hypoglycemia, karena kerjanya tidak meningkatkan produksi insulin, tapi INSULIN YANG SUDAH ADA DIOPTIMALKAN KERJANYA.

Contoh obatnya : Metformin, Pioglitazon, Sitagliptin, Empagliflozin, Liraglutide, Acarbose (khusus Acarbose kerjanya mengurangi penyerapan glukosa)

6. Kelompok KEDUA ini diminum tanpa makan besar tidak masalah, hanya buat mereka yang "perutnya" sensitif biasanya bikin mual dan kembung, makanya tetap disarankan diminum bersama / disela-sela waktu sedang makan, makanannya bisa makanan ringan atau berat tidak masalah. CARANYA SETELAH SUAPAN KE-1 ATAU KE-2 OBAT INI LANGSUNG DIMINUM.

7. Kelompok KEDUA yang paling umum adalah METFORMIN, obat ini adalah standar pertama pada pengobatan diabetes.

8. METFORMIN ini lebih baik dipilih tablet yang bentuk XR atau "extended release", artinya obat dikeluarkan dan diserap perlahan-lahan.

Cirinya ada tulisan XR di kemasannya, contoh Metformin XR, Nevox XR, Glucophage XR, dsb. Dengan memilih bentuk XR efektifitasnya lebih baik dan efek samping yang bikin mual dan kembung akan sangat minimal.

JIKA ANDA SUDAH BIASA MENGGUNAKAN BENTUK XR JANGAN DIGANTI KE BENTUK BIASA. Tapi memang harganya lebih mahal dari yang bukan XR.

9. OBAT DIABETES DIMINUM SAMPAI DIABETESNYA SEMBUH. Tandanya sembuh adalah fungsi sel beta pankreas kembali normal. Namun sayangnya sampai saat ini BELUM ADA TERAPI MENGEMBALIKAN SEL BETA PANKREAS NORMAL.

Karena sekali sel beta pankreas rusak / mati tidak bisa diperbaiki / dihidupkan kembali.

SATU SATUNYA CARA ADALAH DENGAN TEKNOLOGI TRANSPLANTASI PANCREAS ATAU ISLET TRANSPLANTASI. Namun biayanya tidak murah dan uji cobanya panjang, sehingga bukan menjadi standar dalam terapi diabetes tipe 2.

10. Jadi selama pankreas masih belum bisa diperbaiki mau tidak mau OBAT DIABETES DIMINUM TERUS, bahkan mungkin seumur hidup.

Wallahu a'lam...
Semoga bermanfaat...
Salam sehat...

Bacaan:

American Diabetes Association Standards of Medical Care in Diabetes 2017
https://www.google.co.id/url…

Pancreas Transplant
https://www.mayoclinic.org/…/pancreas-tr…/about/pac-20384783

Drug.com
https://www.drugs.com/

0 komentar:

Posting Komentar

YANG INGIN BERTANYA, HARAP HUBUNGI LEWAT Fans page facebook... terimakasih (^_^)

 
Design by Blogger Indonesia | Bloggerized by Milik Bersama